PROFIL UMUM


Lebih dari setengah abad yang lalu, Russel menyatakan bahwa mesin pendorong kemajuan umat manusia yang paling dasyat adalah hasrat untuk beraksi memperbaiki dunia tempat mereka bermukim (Doglas, 1996).

1920256_693210660718172_1310576179_n

Rapat Pimpinan Nasional ISMKMI (Makassar, Maret 2014)

Didorong oleh adanya keinginan luhur serta kesadaran akan peran, kewajiban, dan tanggung-jawab tersebut maka diperlukan suatu wadah yang berfungsi sebagai suatu sarana untuk bertukar pandangan dan pikiran dalam suasana kekeluargaan guna memecahkan persoalan-persoalan yang timbul di dalam masyarakat ilmiah, khususnya dalam pembangunan nasional berkelanjutan berwawasan kesehatan yang semakin komplek di negara kesatuan Republik Indonesia melalui kontek pergerakan mahasiswa (Selayang pandang Sejarah ISMKMI).

Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) merupakan organisasi yang dibentuk pada tanggal 24 Desember 1991, didirikan oleh FKM Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Sumatra Utara, Universitas Airlangga, Universitas Hassanudin. Saat ini ISMKMI beranggotakan sebanyak 56 organisasi mahasiswa kesehatan masyarakat se-Indonesia (hasil MUNAS ISMKMI ke-XII, Makassar). Sebagai ikatan organisasi mahasiswa se-profesi (IOMS) dibidang kesehatan masyarakat tentunya konteks pergerakan ISMKMI adalah untuk memasyarakatkan paradigma sehat sehingga indonesia sehat dapat terwujud sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu, pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Tujuan pendirian ISMKMI adalah Menjalin persatuan dan kesatuan antar Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat se-Indonesia dalam rangka pembinaan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat se-Indonesia sebagai insan yang menghayati dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam ilmu kesehatan masyarakat. Sedangkan tujuan khususnya adalah meningkatkan kepekaan dan peranan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat dalam mengkritisi pembangunan nasional pada umumnya dan pembangunan kesehatan masyarakat pada khususnya serta meningkatkan peran aktif dalam upaya promotif dan preventif demi mencapai masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat dan produktif.

Untuk mencapai tujuan organisasi maka diadakan musyawarah nasional yang diadakan setiap satu periode kepengurusan (dua tahun) yang pada akhirnya dilakukan penyusunan anggaran dasar dan rumah tangga(AD & ART), garis besar haluan organisasi (GBHO), dilanjutkan dengan pemilihan sekretaris jenderal, setelah itu dilakukan pemilihan perangkat kepengurusan nasioanl pada rapat kerja nasional (RAKERNAS).
ISMKMI berbentuk asosiasi yang dikenal dengan sebutan IOMS (ikatan organisasi mahasiswa sejenis) kesehatan masyarakat, konstituennya adalah ORMAWA (organisasi mahasiswa seperti bem/hima fakultas/jurusan kesehatan masyarakat) yang tentunya aspirasinya merupakan representatif dari mahasiswa kesehatan masyarakat yang ada pada ormawa tersebut. Menyadari pentingnya suatu wadah dalam mewujudkan target ormawa (pengembangan tri dharma PT dan prestasi akademik) dan kebutuhan akan realisasi yang lebih luas dari kepentingan mahasiswa menjadi suatu kontribusi untuk bangsa indonesia(khususnya kesehatan masyarakat).
Jadi ISMKMI murni pergerakan mahasiswa dari, oleh, untuk mahasiswa dan masyarakat secara luas (bisa kita lihat contoh seperti, ASEAN, PBB). Jadi sifat IOMS ini tidak akan bisa lepas dari fungsi kelembagaan institusinya masing-masing terutama dekanat masing-masing.

Cara ISMKMI menjalankan roda organisasi sesuai dengan ad/art dan gbho, yaitu dengan musyawarah mufakat dan menghasilkan keputusan tertinggi melalui munas dan rakernas atau hak perogratif sekjen terpilih untuk mengkordinir gerakan yang sudah ditetapkan sebelumnya.
Saat ini ISMKMI beranggotakan 56 institusi yang tersebar dari Aceh hingga Papua. ISMKMI terbagi menjadi 4 wilayah kerja organisasi, yaitu Wilayah I (Sumatra, Kepri, Babel), Wilayah II (DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Kalimantan),Wilayah III (Jawa Tengah, DI Jogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB), dan Wilayah IV (Sulawesi, Ambon, Irian Jaya).

Penulis : Tetik Wulandari, UIN Syahid Jakarta

14 thoughts on “PROFIL UMUM

  1. ujang alnema says:

    good

  2. romy says:

    kurang pencatuman visi misi sekjend periode sekarang nih bu… ^^

    • Anonymous says:

      > romy : ini profil yg dibuat secara umum romy,, monggo saja klo mw dimasukin visi misi tiap periode sekjen…

  3. Gratia says:

    nice🙂

  4. desy says:

    haiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii aku boleh gabung gak??..
    😛

  5. SYAMSURIJAL FIKES UMPAR says:

    bagaimana caranya gabung dengan ISMKMI

  6. yulsy agatha says:

    haiii.. gw sissy dari Stikes Pemi Banten, Tangerang..
    Gimana ya caranya kalau mau gabung🙂
    thankyou sebelumnya🙂

  7. septa says:

    assalamualaikum😉
    saya septa decelita dari kesmas di Universitas Jambi
    bagaimaana cara ya agar bisa gabung ?😉

  8. Anonymous says:

    bagaimana cara agar bisa bergabung dengan ISMKMI ?

  9. Zaima Amalia says:

    Karena ISMKMI adalah IOMS (Ikatan Organisasi Mahasiswa Seprofesi), jadi silakan hubungi BEM/HIMA di fakultas masing2…🙂

    Salam #SKMbersatu

  10. desca says:

    Kejelasan desca

  11. Sri rahayu says:

    Saya ayu korda riau thun 2015-2016 dari stikes payung negeri pekanbaru Alhamdulillah ismkmi udh banyak di internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: