Pakar Geologi: Karangkobar, Tanah Paling Rawan Longsor di Banjarnegara

longsorpost3

Bencana Longsor Banjarnegara

Yogyakarta, – Pakar geologi Fakultas Teknik yang juga Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Ir Dwikorita Karnawati, MSc, PhD mengatakan wilayah Kecamatan Karangkobar merupakan tanah yang paling rawan longsor di Kabupaten Banjarnegara. Oleh karena itu, dia meminta warga sekitar untuk secepatnya menghindar atau mengungsi bila terjadi hujan deras.

“Kami dan tim assesment sudah turun ke lokasi untuk mengetahui kebutuhan yang harus segera diberikan pada masyarakat,” ungkap Dwikorita kepada wartawan seusai acara pelantikan Pengurus Pusat (PP) Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) di Balai Senat UGM, Minggu (14/12/2014).

Dia mengatakan hasil tim investigasi awal, wilayah Banjarnegara merupakan areal yang paling rawan longsor. Wilayah Karangkobar adalah wilayah paling rawan.

“Bisa dikatakan top of the top. Karen posisi lahan berbukit dan disusun dari batuan dan tanah yang rapuh,” katanya.

Menurut dia, masyarakat sebenarnya juga sudah banyak mengetahui bila tanah yang ditempati itu rawan longsor. Namun dengan alasan berbagai hal atau latar belakang sosial ekonomi, mereka tetap tinggal di tempat itu.

Dia mengatakan tata guna lahan adalah suatu hal yang sangat penting. Tata guna lahan yang relatif tidak terkendali, berpotensi menimbulkan longsor. Di kawasan tersebut tidak ada tata ruang yang baik dan ada perubahan tata guna lahan. Pemotongan lereng dan pembukaan lahan yang tak terkendali bisa menimbulkan longsor.

“Belum ada aturan mengenai sempadan lereng. Yang baru ada adalah aturan sempadan sungai, yakni sekian meter di kanan kiri sungai itu tidak boleh,” ungkap guru besar Fakultas Teknik UGM itu

Menurut dia, apabila masyarakat masih belum siap untuk direlokasi dan sudah mengetahui bila tanah tersebut rawan longsor, yang perlu dilakukan adalah pemantauan setiap saat.

“Peringatan dini lebih diutamakan. Kalau hujan turun, langsung menghindar,” pungkas dia.

Sumber : http://news.detik.com/read/2014/12/14/140914/2776805/10/pakar-geologi-karangkobar-tanah-paling-rawan-longsor-di-banjarnegara?n991102605 di akses tanggal 14 Desember 2014 Jam 15.06

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: