Basic Training of Public Health di UNAIR

btoph unair 1

btoph unair

unair

Basic Training of Public Health (BToPH) adalah pelatihan bagi mahasiswa baru S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. Pelatihan ini merupakan program rutin tahunan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang Kesehatan Masyarakat terhadap mahasiswa baru dan juga memberikan pengalaman terjun langsung dilapangan untuk melakukan penelitian. BToPH juga memiliki tujuan, tujuannya adalah sebagai berikut :

  1. Mengetahui dan memahami ilmu dasar Kesehatan Masyarakat
  2. Memahamkan Ikatan Organisasi Mahasiswa Seprofesi (IOMS) / Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI)
  3. Mengenalkan prospek kerja alumni S1 Kesehatan Masyarakat
  4. Mengembangkan diri dan menumbuhkan soft skill mahasiswa baru, soft skill ke-FKM-an maupun soft skill secara informal (minat dan bakat)

BToPH dibagi menjadi Pra-BToPH dan BToPH. Pra-BToPH terdiri atas Pra-BToPH 1 sampai dengan Pra-BToPH 4. Pada Pra-BToPH 2 dan 4 dibagi menjadi 2 volume. Pra-BToPH 1 sampai dengan Pra-BToPH 4 dilaksanakan setiap weekend pada Bulan September bertempat di Aula Soemarto Fakultas Kesehatan Masyarakat Kampus C Universitas Airlangga Surabaya. Selama Pra-BToPH 1 sampai Pra-BToPH 4 mahasiswa baru mendapatkan banyak materi dari 7 departemen peminatan yang ada di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. Selain itu, ada juga pengenalan dari beberapa organisasi, salah satunya adalah ISMKM. Pada Pra-BToPH 1 sampai Pra-BToPH 4 diawali dengan registrasi sebelum acara dimulai lalu pembukaan acara dan perkenalan setiap kelompok. Lalu dilanjutkan dengan pengisian materi dan disisipkan coffee break disela-sela acara agar acara tidak membosankan. Setelah materi selesai dilanjutkan dengan waktu istirahat yang digunakan untuk makan dan sholat oleh para mahasiswa baru. Selesai istirahat acara pun berlanjut, tidak hanya materi yang diberikan tapi juga kegiatan nyata yang dilakukan oleh para mahasiwa baru, salah satunya adalah forum diskusi. Diakhir acara sebelum penutupan dilakukan evaluasi dan penugasan oleh DPE lalu dilanjutkan dengan rewarding bagi yang aktif dalam acara ini, selain keaktifan juga ada rewarding bagi kelompok yang mengabadikan setiap moment yang terbaik. Lalu setelah serangkaian acara Pra-BToPH dilanjutkan dengan puncaknya yaitu BToPH yang diadakan pada tanggal 10-12 Oktober 2014 di Lawang. Dilawang diadakan berbagai macam kegiatan yaitu, jurit malam, senam, analisis kondisi lingkungan, diskusi tentang analisis kondisi lingkungan dan isu ISMKMI, sharing dengan alumni, api unggun / makrab, outbound dan tidak lupa juga ada rewarding bagi yang aktif dan rewarding lainnya. Di Lawang banyak sekali mendapatkan pengalaman yang berkesan. Selain itu, juga mendapatkan pengalaman yang bermanfaat dengan praktek terjun langsung ke lapangan lewat analisis kondisi lingkungan. Dan untuk menindak lanjuti acara pengkaderan ini maka diperlukan adanya follow up dengan tujuan untuk memberikan bukti nyata dan menerapkan materi dan pengalaman yang telah diperoleh selama serangkaian acara BToPH. Rencana follow up adalah Minggu Sehat. Minggu Sehat adalah rencana follow up yang akan diadakan di lingkungan FKM Universitas Airlangga untuk menambah kesehatan, keakraban para mahasiswa baru dan rasa kepedulian serta kebersihan lingkungan sekitar. Susunan acaranya sebagai berikut :

  1. Pembukaan acara Minggu Sehat
  2. Acara jalan sehat bersama
  3. Senam pagi bersama
  4. Gotong royong membersihkan lingkungan sekitar FKM
  5. Acara tanya jawab seputar FKM
  6. Pembagian hadiah dan rewarding bagi yang paling aktif dan antusias dalam acara
  7. Penutupan acara Minggu Sehat

Sumber : Linda Agustina (IKM B FKM UNAIR 2014)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: