NEW PRESS RELEASE ARAHAN NASIONAL

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2014

Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI)

Hasil dari Action Plan Forum FRONTIER

Senin, 26 Mei 2014

 

Berkenaan dengan akan diperingatinya Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) 2014, delegasi dalam FRONTIER 2014 dari unsur mahasiswa kesehatan masyarakat seluruh Indonesia, dengan memperhatikan pertimbangan dari berbagai pihak (Sekjen, Korwil, TCW, dan pihak terkait lain) menyepakati arahan nasional kepada seluruh institusi kesehatan masyarakat yang tergabung dalam ISMKMI dengan penjelasan sebagai berikut.

TEMA ARAHAN:

“ISMKMI Dukung Aksesi FCTC (Framework Convention on Tobacco Control)”

Isu FCTC merupakan salah satu isu yang diangkat dalam Rencana Strategis (Renstra) ISMKMI 2013-2015. HTTS menjadi momentum yang sangat tepat untuk mengangkat isu ini ke ranah publik sekaligus segera mendorong pemerintah untuk mengaksesi FCTC sebelum masa pemerintahan periode 2009-2014 ini berakhir bersamaan dengan Pilpres 9 Juli mendatang.

DESKRIPSI ARAHAN:

Bentuk Arahan Jangka Waktu
Aksi serentak di seluruh daerah dengan mengusung tema #DukungAksesiFCTC

Ket:

  • Aksi dapat berupa longmarch/aksi damai, gerakan kreatif sosialisasi isi FCTC, kampanye #DukungAksesiFCTC, maupun gerakan lain sesuai kebijakan institusi
  • Aksi harus mengandung setidaknya 2 unsur:
  1. Memberikan informasi kepada masyarakat umum mengenai FCTC dan kenapa aksesi FCTC harus didukung. Media informasi dapat menggunakan berbagai tools: flyer, poster, atau selebaran lain.
  2. Menggalang dukungan masyarakat umum melalui video testimoni dan/atau photoboot dengan key message “Saya Dukung Aksesi FCTC, Kamu?”

Follow up: Kirimkan dokumentasi aksi ke ismkmi.tcn@gmail.com beserta deskripsi aksi atau twit foto aksimu ke @TCN_ISMKMI @ISMKMI dan @SBYudhoyono

 

Himbauan kepada para Korwil untuk mendata institusi yang bisa melakukan aksi serentak di tanggal 31 Mei 2014 dan kirimkan ke ismkmi.tcn@gmail.com beserta CP aksi di masing-masing institusi, agar aksi bisa menjadi headline nasional dan TCN akan mengusahakan ada media yang meliput. Deadline pengiriman: Jum’at, 30 Mei 2014 pukul 13.00 WIB.

31 Mei 2014
Mengirim surat dukungan kepada Presiden untuk segera mengaksesi FCTC

Ket: Surat dukungan dapat dikirim atas nama BEM/HIMA institusi masing-masing, daerah, maupun wilayah yang tergabung dalam ISMKMI. Contoh surat terlampir.

Follow up: Kirimkan scan/softfile surat yang sudah dikirim ke ismkmi.tcn@gmail.com atau twit foto surat ke @TCN_ISMKMI @ISMKMI dan @SBYudhoyono

28 Mei-28 Juni 2014
Melakukan bomb tweet ke akun @SBYudhoyono untuk dukung aksesi FCTC dengan hashtag #SegeraAksesiFCTC dan cc ke: @TCN_ISMKMI @ISMKMI

Pelaksanaan bomb tweet bisa melalui twitter wilayah/daerah atau dibagi hari per harinya untuk tiap daerah. Misalkan: Tanggal 14-17 Juni giliran wilayah 4. Maka bisa dibagi untuk tanggal 14 yg melakukan bomb tweet adalah institusi di Sulut dan Sulteng. Bomb tweet dengan akun pribadi juga sangat disarankan.

Serentak se-Indonesia:

31 Mei-1 Juni 2014

Wilayah I:

2-5 Juni 2014

Wilayah II:

6-9 Juni 2014

Wilayah III:

10-13 Juni 2014

Wilayah IV:

14-17 Juni 2014

 

Melakukan edukasi yang menarik, kreatif, dan bersahabat terkait dengan bahaya rokok ditinjau dari berbagai perspektif, dengan menyelipkan unsur isi dari FCTC sekaligus utk mensosialisasikan FCTC kesiswasekolah, mahasiswa maupun masyarakat umum, dengan menggunakan berbagai media, seperti leaflet, video, diskusi, penyuluhan (sesuai kreativitas institusi).

Ket:

a)      Edukasi yang menarik kepada siswa sekolah, mahasiswa maupun masyarakat umum dalam bentuk pemberdayaan atau Community Development (promosi kesehatan), bekerjasama dengan Pengmas Nasional dan Pengmas Wilayah. Sasaran dan konsep bebas, sesuai kebijakan masing-masing institusi.

b)     Selain itu, edukasi dapat dilakukan melalui kultwit (socmed movement) di official twitter masing-masing institusi dengan hashtag #SegeraAksesiFCTC dan cc: @ISMKMI @TCN_ISMKMI dan @SBYudhoyono

Follow up: Jika edukasi langsung ke lapangan, kirimkan dokumentasinya ke ismkmi.tcn@gmail.com  beserta deskripsi kegiatan atau twit fotonya ke @TCN_ISMKMI dan @ISMKMI dan @SBYudhoyono  

29 Mei-13 Juni 2014

 

Arahan ini harap dilaksanakan oleh semua institusi, tanpa terkecuali. Teknis pelaksanaan arahan di lapangan, sepenuhnya diserahkan kepada institusi masing-masing untuk dilaksanakan dan ditindaklanjuti. Dalam pelaksanaannya, arahan ini bisa dilaksanakan secara kolektif/gabungan dari beberapa institusi, asalkan semua institusi dapat turut serta berkontribusi dalam gerakan ISMKMI #DukungAksesiFCTC.

Perlu diketahui, bahwa arahan yang akan dilaksanakan di seluruh penjuru Indonesia ini, khususnya aksi massa untuk mendorong Aksesi FCTC akan juga dilaksanakan di pusat dengan melibatkan BEM/HIMA Kesmas se-Jabodetabek pada 1 Juni 2014 di CFD Bundaran HI dan beberapa hari setelah itu di depan istana presiden bersama pihak-pihak terkait (IOMS lain, serta organisasi pro-pengendalian tembakau).

Gerakan/Langkah Lanjutan selain dari bentuk-bentuk arahan diatas, menjadi tanggung jawab penuh TCN ISMKMI dan jajaran pengurus wilayah dan daerah yang terkait,seperti pembuatan petisi, media propaganda, dan pencerdasan melalui official account @TCN_ISMKMI dan @ISMKMI sesuai hasil action plan forum.

Ket:

  • Bahan pencerdasan FCTC dapat langsung mengunduh di grup ISMKMI/Korwil masing-masing/Hubungi CP TCN ISMKMI: 087852778398_Atik Q_FKM UNAIR 2012)
  • Arahan ini harap dilaksanakan sesuai kemampuan dan kondisi institusi/daerah/wilayah masing-masing sesuai hasil action plan (analisis kondisi terlampir)
  • Jika membutuhkan bantuan terkait tools (media propaganda)atau hal lain, silahkan langsung hubungi TCN ISMKMI atau bisa juga sharing dengan wilayah/daerah/institusi lain. Yuk kita mulai tebarkan semangat GOTONG ROYONG & BAHU MEMBAHU DEMI INDONESIA SEHAT !!!

 

TUJUAN:

  • Memasifkan isu FCTC dan mengangkat FCTC sebagai isu publik.
  • Mendorong akselerasi aksesi FCTC.
  • Mensosialisasikan bahaya merokok dari berbagai perspektif kepada masyarakat umum dengan cara yang menarik, kreatif, dan bersahabat.
  • Mengurangi bahaya rokok di masyarakat.

SASARAN:

  • Pemerintah, terutama Presiden RI
  • Siswa Sekolah
  • Mahasiswa Kesehatan dan Mahasiswa Umum
  • Masyarakat Umum

INDIKATOR KEBERHASILAN:

  • 60% institusi anggota ISMKMI dapat melaksanakan arahan HTTS dengan baik sampai pada pelaksanaan follow-up
  • FCTC segera diaksesi.
  • Sasaran dapat memahami permasalahan rokok dari berbagai perspektif.

MONITORING:

  • TCN dan TCW
  • Pengmas Nasional dan Wilayah
  • Segenap Pimpinan Wilayah, Daerah, dan Institusi

 

HIMBAUAN LAIN:

Lomba Video dalam rangka HTTS 2014, yaitu FRONTIER (Forum of Initiative Tobacco Control Action Planner) masih dibuka sampai tanggal 31 Mei 2014. Further info: Visit bem.fkm.ui.ac.id

 

MORE INFO:

Twitter           : @ISMKMI @TCN_ISMKMI

Email              : ismkmi.tcn@gmail.com

Web                : http://www.ismkmi.org

 

Sumber : Direktorat TCN ISMKMI Nasional

Admin : Jarkom ISMKMI (jarkomismkminasional@gmail.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: