ISMKMI dan BEM IM FKM UI adakan Forum of Initiative Tobacco Control Action Planner (FRONTIER)

Agenda ISMKMI Nasional dan BEM FKM UI

Badan Eksekutif Mahasiswa Ikatan Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat UI (BEM IM FKM UI) bekerjasama dengan Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) menggelar Forum of Initiative Tobacco Control Action Planner (FRONTIER), sebuah forum perkumpulan delegasi Mahasiswa Kesehatan Masyrakat dari berbagai Perguruan dan Sekolah Tinggi di Indonesia.

Forum ini merupakan langkah inisiasi untuk melahirkan sebuah rancangan gerakan dalam hal pengendalian tembakau yang dimotori oleh berbagai delegasi Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. Terdapat kegaiatan pra-FRONTIER berupa Lomba Video Sosialisasi Singkat Cerdas (SSC): “Karya Penyelamat Napas Bangsa”. Hari puncak FRONTIER akan terdiri atas tiga hari yakni, pada tanggal 24 Mei 2014 sampai dengan 26 Mei 2014.

Mata acara pertama yang berlangsung pada hari Sabtu, 24 Mei 2014 adalah penyambutan delegasi Forum of Initiative Tobacco Control Action Planner (FRONTIER). Kemudian, pada hari Sabtu, 25 Mei 2014 akan dilaksanakan Social Movement yang betempat di Bundaran HI. Poin penting dari Social Movement ini adalah untuk mengetahui pandangan masyarakat umum terkait problematika rokok yang ada di lingkungan sekitarnya, seperti permasalahan perokok aktif maupun pasif serta bahaya rokok itu sendiri. Tujuan akhir dari Social Movement ini adalah agar masyarakat umum dapat memahami secara komprehensif problematika yang diakibatkan oleh rokok.

Mata acara terakhir sekaligus menjadi acara puncak dari rangkaian kegiatan Forum of Initiative Tobacco Control Action Planner (FRONTIER) adalah Seminar, Group Discussion, Action Plan Forum pada hari Senin, 26 Mei 2014 yang akan digelar di Balai Sidang UI. Tema yang diusung pada Seminar kali ini adalah “Selamatkan Generasi Muda: Aksesi FCTC Segera!”.

Mata acara Group Discussion akan mengajak para delegasi untuk sama-sama berdiskusi dan melihat Framework Convention on Tobacco Control (FCTC) bukan hanya dari satu kacamata saja, melainkan dari berbagai perspektif yakni melalui pembagian komisi; Komisi Kesehatan, Komisi Hukum, Komisi Ekonomi, dan Komisi Kesejathteraan Sosial. Inti utama dari FRONTIER ini adalah, terbentuknya suatu gerakan kolaborasi untuk menyamakan frekuensi bahwa aksesi FCTC merupakan suatu hal yang urgent untuk segera dilakukan; demi menyelamatkan napas bangsa!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: