Kita, ISMKMI untuk Kelud

posko ISMKMI KeludSore, Jumat 21 Februari 2014 keluarga besar IKM FKM UJ beserta Ismkmi Nasional berangkat menuju kediri untuk membantu korban letusan Gunung Kelud. Perjalanan jember-kediri sekitar 8 jam diperkirakaran teman-teman sampai kediri jam 05.00 dini hari Sabtu, 22 Februari 2014. Barang-barang yang akan didistribusikan yaitu obat-obatan, popok lansia, popok bayi, tikar, cd, sabun, pasta gigi, sikat gigi dan bahan makanan. Barang-barang yang didistribusikan adalah hasil dari penggalangan dana oleh IKM FKM UJ beserta teman-teman ISMKMI nasional. Itulah aksi nyata dr kita demi mewujudkan Indonesia sehat. FKM satu ISMKMI maju.

Mereka yang ke Kediri langsung adalah Dinasti Raditya (UJ), Khairul Anwar (UJ-PN ISMKMI), Yudhi Tri Kurniawan (UJ), Dinny Kartika S (UJ) dan Aricha Mahfud (UJ-PN ISMKMI) dan lain-lain. Rencana aksi sosial pagi itu (22/2) di daerah yang masuk pada ring 1 (8-10 km dari Gunung Kelud). Bersama teman-teman Strada Kediri ISMKMI dan Korda Jatim ISMKMI Wilayah 3 Aditya Sukma Caesar mencoba untuk terjun langsung menyentuh kawasan rawan bencana gunung kelud. Bencana memberi ruang pada kita agar kita bisa menyatukan bahasa hati. Bukan hanya masalah kerusakan fasilitas namun sangat sensitif hingga ke masalah psikologi, masalah sosial, dan ekonomi.

Seluruh bantuan terpusat di daerah wates dan sanggar, hingga berlebih. Begittu pula presiden kita, SBY juga berada di sanggar. Seluruh mediapun terpusat dan seluruhnya memberitakan kondisi terkini di dua daerah tersebut. Tim SUAR, lsmkmi kediri mencoba untuk mencari daerah lain di KRB (kawasan rawan bencana) yang mungkin belum tersentuh. Ternyata ada sisi belahan lain yang sekitar 700 korban blm pernah mndapat bantuan sekalipun. Tim SUAR baru bisa memasuki daerah ini pd hr ke-4. Perjalanan menuju lokasi tersebut, daerah Kebon Rojo.

Warga kebon rejo bahu membahu dalam membersihkan -bukan debu debu lagi namun – kerikil kerikil yang menutupi atap rumah mereka. Genteng genteng pecah dan berjatuhan di tanah negeri, mungkin inilah salah satu jalan untuk menyatukan hati. Mengelilingi sepanjang desa berharap bantuan bantuan ini benar benar tepat sasaran untuk mereka yang benar benar membutuhkan. Terasa mengharukan ketika warga di RT IV membagi seadil mungkin, tidak berebut dan saling mendukung. Senangnya bisa menghibur dan membuat tertawa adik adik yg sementara ini belum bisa kembali belajar di sekolah. Belajar bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, ini yg kami coba lakukan pada adik adik di desa Kebon Rojo RT IV dengan menyanyi dan berhitung.

Kondisi saat itu di rink 1 berjarak 7 km dari puncak kelud dampaknya sangat luar biasa. Terlihat berjuta2-juta hektar jagung, cabe, tomat, padi gagal panen karena ludes tidak tersisa. Berbondong-bondong orang dipinggir jalan meminta-minta bantuan. Artinya masih banyak bantuan yang mereka butuhkan terutama (beras,sayur,lauk, terpal,tempat penampung air, obat-obatan, diapers bayi dan lansia, genteng/asbes dll). Puluhan rumah rusak bahkan ada sebagian yang rata dengan tanah. Ketidakmerataan pembagian logistik mengakibatkan disebagian tempat yang terisolir tidak mendapat bantuan.

Akhir perjalanan, Korda Jatim Aditya Sukma Caesar, BEM FKM UJ, dan STRADA Stikes Surya Mitra Husada yang merupakan anggota peninjau @ismkmiwil3 yang juga merencanakan pembentukan Pokja ISMKMI peduli #ActFoKelud. Untuk itu, bagi institusi atau siapapun yang ingin menyalurkan “kepeduliannya” lewat ISMKMI, bisa melalui Rekening Keuangan ISMKMI Nasional Rek BRI 0872-01-024152-53-7 Saqib Labiqotin, kemudian konfirmasi ke 0857 33868 008. Salam Perjuangan untuk Indonesia😀

#SUARA dari Puncak Kelud

Hidup MAHASISWA !!! PEMUDA BERKARYA!!!

Sumber : Twitter @ISMKMI & @BEMFKM_UJ

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: