INDONESIA : Hidup Harmoni dengan Bencana

Gambar

Berdasar data yang dikeluarkan oleh Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Strategi Internasional Pengurangan Risiko Bencana (UN-ISDR) menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang paling rawan terhadap bencana di dunia. Tingginya posisi Indonesia ini dihitung dari jumlah manusia yang terancam risiko kehilangan nyawa bila bencana alam terjadi. Posisi geografis yang terletak di ujung pergerakan tiga lempeng dunia: Eurasia, Indo-Australia dan Pasifik membuat Indonesia memang tidak banyak bisa mengelak.

Masih ingat dengan Tsunami Aceh 2004 yang menelan korban diatas seratus ribu orang? Gempa bawah laut berkekuatan 9,1 skala Richter mengguncang Samudera Hindia di lepas pantai Sumatera Utara, Indonesia. Lalu yang kemudian adalah bencana. Gelombang raksasa muncul setinggi 30 meter, menghantam Aceh, Thailand, Sri Lanka, India, Maladewa, dan pesisir timur Afrika. Jutaan liter air laut tumpah ke daratan. Lebih dari 230 ribu nyawa melayang atau dinyatakan hilang. Menjadi salah satu bencana terdahsyat di Abad ke-21. Mengenang kembali tsunami Aceh bukan untuk menguak luka lama, namun mengingatkan bahwa kita hidup di tanah subur yang rawan bencana. Tsunami Aceh adalah peringatan: bencana bisa jadi berulang di manapun di bumi Nusantara

Diambil dari web kompas.com menuliskan bahwa Erupsi Sinabung bisa dikatakan salah satu bencana vulkanologi yang parah tahun ini (2013). Belum lama bencana ini terjadi. Letusan dahsyat ini terjadi pada 25 November 2013. Aktivitas yang mendapat perhatian dunia serta diberitakan diberbagai media internasional. Bagaimana tidak, dalam waktu hanya 2 jam, Sinabung erupsi tiga kali dengan embusan asap mencapai 2 kilometer. Sementara hujan abu terjadi hingga radius 7 km. Sebanyak 14.000 orang terpaksa dievakuasi.

Sekiranya tidak jauh-jauh bencana yang sedang terjadi dalam beberapa pekan terakhir. Ya, Banjir Jakarta dan Manado. Banjir bandang yang menerjang ibu kota Sulawesi Utara, kota Manado dan sekitarnya, akibat hujan deras yang mengguyur sejak Selasa malam (14/1) hingga Rabu pagi (15/1) merupakan banjir terbesar dalam dua atau tiga tahun terakhir. Data (sementara) menyebutkan ada 18 orang tewas, 2 orang hilang, 101 rumah hanyut, dan ribuan warga mengungsi (Liputan6, 18/1/2014).

Banjir Jakarta yang terjadi 17 Januari 2013 bisa dikatakan sebagai bencana banjir paling fenomenal tahun 2013. Banjir yang terjadi akibat paduan beragam factor diantaranya adalah factor meteorologi, beberapa hari sebelum banjir, hujan mengguyur wilayah Jakarta dan merata, mencapai intensitas 40 – 100 mm. Hujan yang merata mengakibatkan volume air yang menggenang besar.

Akan tetapi, kembali lagi banjir Jakarta terjadi di tahun 2014. Sudahkah kita refleksi kenapa Jakarta kembali banjir? Kembali mendapat “sanjungan” bahwa Jakarta langganan banjir? Bencana bisa terjadi karena dua factor. Karena alam dan manusia. Indonesia adalah Negara rawan bencana. Maka tugas kita hanya bersiap dan berusaha “bersahabat” dengan bencana. Tugas kita adalah meminimalir adanya korban dan dampak. Itulah hidup harmoni dengan bencana.

 

Atik Setyoasih

(Jaringan Komunikasi Nasional ISMKMI-Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)

 

Sumber bacaan :

http://sains.kompas.com/read/2013/12/27/1859061/Bencana.Alam.Paling.Parah.Tahun.2013

http://news.liputan6.com/read/784591/dahsyatnya-tsunami-aceh-2004-dari-stasiun-luar-angkasa

http://m.poskotanews.com/2013/10/04/indonesia-negara-paling-rawan-bencana/

http://www.menkokesra.go.id/content/sugihartatmo-indonesia-negara-paling-rawan-bencana-di-dunia

http://www.bbc.co.uk/indonesia/berita_indonesia/2011/08/110810_indonesia_tsunami.shtml

http://www.bbc.co.uk/indonesia/berita_indonesia/2014/01/140116_update_banjir_manado.shtml

 

One thought on “INDONESIA : Hidup Harmoni dengan Bencana

  1. Anonymous says:

    Blog nya bagus😀 Informasinya menarik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: