Kenapa ada JKN ?

ImagePenyelenggaraan jaminan sosial berbasis kepada hak konstitusional setiap orang dan sebagai wujud tanggung jawab Negara. Setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermanfaat. Negara pun wajib mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan.

Program jaminan sosial ditujukan untuk memungkinkan setiap orang mampu mengembangkan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermanfaat. Dimana, SJSN menggunakan pendekatan terpenuhinya kebutuhan dasar hidup yang layak bagi setiap peserta dan/atau anggota keluarganya. Penyelenggaraan sistem jaminan sosial berdasarkan asas antara lain asas kemanusiaan yang berkaitan dengan martabat manusia

Sakit bisa datang ketika kita masih produktif, berpenghasilan cukup, sehingga mampu menjangkau biaya pengobatan. Tetapi sakit juga bisa datang ketika kita sudah tua dengan penghasilan mulai menurun atau menjadi tidak berpenghasilan karena sakit. Adanya asuransi kesehatan mengurangi risiko masyarakat menanggung biaya kesehatan dari kantong sendiri ( out of pocket) , dalam jumlah yang sulit diprediksi dan kadang-kadang memerlukan biaya yang sangat besar.

 Asuransi saja tidak cukup untuk menjangkau kelompok masyarakat yang tidak mampu. Untuk itu diperlukan suatu jaminan dalam bentuk asuransi kesehatan karena peserta membayar premi dengan besaran tetap. Dengan demikian pembiayaan kesehatan ditanggung bersama secara gotong royong oleh keseluruhan peserta, sehingga tidak memberatkan secara orang peorangan.

 Sudahkan siap kita Mahasiswa Kesehatan Masyarakat seluruh nusantara menyukseskan progam ini? Siapkan diri untuk jadi agen info untuk orang disekitar kita. Nah!

Sumber :

UUD Negara RI Tahun 1945,

Dokumen Arahan Nasional Sosialisasi SJSN oleh Direktorat Keilmuan ISMKMI, Direktorat Litbang ISMKMI, dan Direktorat Advokasi ISMKMI,

Jamsos Indonesia (web)

 Oleh : Atik Setyoasih UAD ( Jarkom  ISMKMI)

 

Tagged ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: