Kesmas dan ISMKMI

Gambar

Oleh : Awal Ramanda

(SEKJEND ISMKMI 2013-2015)

 

Assalamualaikum wr wb.

Puji syukur kehadiran Allah swt karena izinnya kita masih diberikan kesempatan untuk mendapatkan nikmat kita sebagai pelajar berpredikat Mahasiswa. Tak lupa kita curahkan solawat kepada sang revolusioner sejati Muhammad saw yang karenanya lah kita diantarkan ke zaman yang penuh dengan bimbingan ke jalan yang lurus.

Sering kali banyak pertanyaan bagaimanakah peran mahasiswa dalam berbagai elemen terutama perubahan ? Sejenak kita akan tercengang bahwa sebenarnya jumlah mahasiswa tidak lebih dari 6% dari total penduduk Indonesia.

Tahukah kawan, bahwa peran Mahasiswa begitu besar dalam menjaga kebijakan yang ada. Ada dua hal yang selalu keterkaitan dengan mahasiswa,  Semangat pantang menyerah yang selalu ada untuk membela hal paling ideal untuk masyarakat atau kaum di sekelilingnya, inovasi untuk memecahkan masalah setiap yang ia temukan dan Idealisme yang menjadi landasan mengapa dan apa yang harus mereka lakukan. IDEALISME inilah yang menjadi kekuatan yang luar biasa dalam menjalankan setiap roda pergerakan.

Kenapa harus Kesmas ?

Berawal dari sehat itu harus secara fisik, mental, psikis bahkan rohaninya maka yang dapat saya katakan

Landasannya:

Saat ini sudah tidak efektif bahwasanya peran kuratif (dokter, perawatan, bidan dan lain lain) yang menjadi satu-satunya ujung tombak dalam mengentaskan permasalahan kesehatan. Landasan pendekatan manajemen dan perilaku manusia harus dikembangkan baik menjadi sebuah profesi ataupun keilmuan. Kita semua tak hanya pemerintah, harus segera menyadari kemudian bergerak nyata bahwa aspek pencegahan dan rehabilitasi penyakit adalah upaya paling efektif untuk Indonesia sehat.

Sederhananya:

Dengan hal diataslah bahwa pengembangan ilmu public health (kesehatan masyarakat) harus , harus dan sekali lagi harus ada. !!!! Kita ada di Kesmas bukan karena ini pilihan kedua ataupun pilihan terakhir karena gagal di pilihan pertama yang diidamkan. Kita ada di Kesmas bukan karena kita tidak mampu untuk memasuki jurusan/fakultas lain.

 Kita di Kesehatan masyarakat karena Tuhan menempatkan kita pada posisi sebagai seorang garda terdepan dalam mencegah berkembangnya (lagi) penyakit yang akan merusak cita-cita kita bersama Indonesia Sehat.!

 ISMKMI?

ISMKMI (katan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia) sederhananya adalah wadah bersama kita untuk merapatkan barisan dalam perjuangan kita sebagai mahasiswa kesehatan masyarakat. Tentunya lembaga ini didasarkan dengan filosofis kesehatan masyarakat yang fokus pada dunia pencegahan. Semua lembaga mahasiswa mempunyai induk diatasnya. Dan inilah ISMKMI, satu-satunyaa lembaga induk eksekutif kesehatan masyarakat di Indonesia.

 Ismkmi adalah milik semua mahasiswa kesehatan masyarakat, mari berjuang bersama dalam satu arah dengan langkah kecil kita sebagai mahasiswa untuk membuktikan bahwa untuk sehat tidak perlu harus sakit. Siap?

 Selamat menikmati  dunia perjuangan ala mahasiswa !!!

Selamat menjadi pejuang sejati !!!

 WASSALAMUALAIKUM

HIDUP MAHASISWA!!!!

Hidup Rakyat Indonesia!!!

Ed : Jarkom 

 

Tagged , ,

One thought on “Kesmas dan ISMKMI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: