RAKORNAS ISMKMI 2012

RAKORNAS (Rapat Koordinasi Nasional)

Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) kembali mempersembahkan event skala nasional yaitu Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang akan dilaksanakan mulai tanggal 24 sampai 29 September 2012 dengan Tuan Rumah yaitu Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. Rakornas sendiri merupakan wadah pertemuan bagi pengurus dan anggota Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia untuk membicarakan dan mengevaluasi kegiatan serta kinerja dari pengurus serta anggota. Sebagai bagian dari rangkaian acara tersebut, juga akan dilaksanakan kegiatan Advance Training Of Public Health (ATOPH), yang merupakan pelatihan tahap akhir dari kegiatan kaderisasi ISMKMI. Peserta adalah personal yang telah tersertifikasi pasca kegiatan tingkat wilayah. Dalam kegiatan ini bertujuan untuk memahamkan peserta pada ISMKMI secara internal, serta penguatan fokus kesehatan masyarakat.
Masih dalam momentum Rakornas ISMKMI 2012, Badan Eksekutif Mahasiswa FKM Unsrat mempersembahkan Simposium Nasional Kesehatan Masyarakat Pesisir dan Kepulauan, yang bertemakan “Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dan Kepulauan Untuk Mencapai Derajat Kesehatan yang Maksimal”.
Tema ini diangkat, mengingat kawasan pesisir dan kepulauan merupakan salah satu bagian penting dalam suatu daerah karena dapat dimanfaatkan dan dikelola untuk kemudian mendukung kemajuan daerah tersebut. Untuk pengembangan dan pengelolaan kawasan pesisir dan kepulauan dibutuhkan kesiapan dan ketersediaan sumber daya lokal seperti sumberdaya manusia. Dan salah satu hal yang menghambat adalah dari aspek kesehatan masyarakat wilayah pesisir dan kepulauan. Oleh karena itu kesehatan masyarakat di wilayah pesisir dan kepulauan hendaknya menjadi salah satu yang harus diperhatikan oleh pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat terutama stakeholder juga mahasiswa di bidang kesehatan masyarakat.Dengan ditingkatkannya kesehatan masyarakat diwilayah pesisir dan kepulauan maka akan meningkatkan juga pendapatan daerah.
Indonesia adalah daerah dengan 5 pulau besar dan banyak sekali pulau-pulau kecil, dan Sulawesi Utara merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia dengan 3 kabupaten/kota kepulauan yaitu Sitaro, Sangihe dan Talaud. Serta ada 10 kabupaten/kota yang mempunyai wilayah pesisir.
Kegiatan ini diadakan tidak hanya sebagai wadah untuk mereformasi sistem internal namun berkontribusi terhadap masyarakat secara luas. Gerakan profesionalisme mahasiswa untuk berkarya dalam pembangunan sangat berpotensi untuk menjadikan mahasiswa lebih peka terhadap situasi dan kondisi bangsa Indonesia saat ini maupun masa yang akan datang.

One thought on “RAKORNAS ISMKMI 2012

  1. Fery Kesmas UNG says:

    pengen ikut😦
    tpi gk d ajak -_-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: