World Water Day, 22 Maret

Hari Air Dunia digelar setiap tanggal 22 Maret, sebagai wadah untuk menyatukan fokus perhatian dunia kepada peran penting tersedianya air bersih dan mengupayakan tata kelola sumber daya air segar yang berkelanjutan.

22 Maret dipilih sebagai satu hari dari satu tahun untuk merayakan ketersediaan air segar, sebagaimana direkomendasikan oleh Konverensi PBB tentang Lingkungan Hidup dan Pembangunan (UNCED).

Peringatan Hari Air Dunia pertama kali diselenggarakan pada 22 Maret 1993, ketika Sidang Umum PBB merestui program ini. Tahun 2012, tema Hari Air Dunia adalah “Water and Food Security”. Di Indonesia, Tim Pelaksana Panitia Nasional Peringatan Hari Air Dunia diserahkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum yang menetapkan tema nasional Peringatan Hari Air Dunia 2012 adalah “Ketahanan Air dan Pangan”, mengadopsi tema internasional yang mengangkat “Water and Food Security”

Dalam melaksanakan peringatan Hari Air Dunia 2012, Kementerian Pekerjaan Umum melakukan kordinasi dan kerjasama dengan Kementerian Pertanian. Hal ini terkait dengan tema yang diangkat yang memang berkaitan dengan pangan yang merupakan proporsi Kementerian Pertanian. Rendahnya kualitas air minum di Indonesia hendaknya menjadi cambukan tersendiri dimana Indonesia masih banyakmembutuhkan sebuah konsep penanganan air minum yang tepat sejak mulai dari hulu sampai hilir. Air memang masih menyisakan berbagai masalah yang pelik di Indonesia. Padahal dengan rata-rata curah hujan yang mencapai 2.779 milimeter pertahun, Indonesia seharusnya mampu menjadi negara yang kaya akan air. Sayangnya, 66% dari air hujan tersebut justru berubah menjadi bencana (banjir dan tanah longsor) yang menyengsarakan rakyat. Dan saat kemarau tiba, negara kaya air ini pun kekurangan air.

Maka pada Hari Air Sedunia ini layaknya masyarakat bersama pemerintah bahu membahu mewujudkan kualitas air yang layak pakai. Masyarakat tahu, pemerintah mau, maka Indonesia mampu mewujudkan ketersediaan air bersih melalui pemberdayaan oleh pemerintah dan selanjutnya kemandirian masyarakat dalam mendapatkan air layak pakai, ini tentu saja sinkronisasi dengan pencapaian MDG’s poin ke-6 untuk Menjamin daya dukung lingkungan hidup

Terkhusus untuk mahasiswa kesehatan masyarakat, mari membangun jaringan ke stakeholder dengan mengajak pemerintah bersama-sama memberdayakan masyarakat dan mari membumi ke warga masyarakat melalui baksos-baksos (bakti sosial) yang dilaksanakan oleh beberapa kampus. Mari mewujudkan air sehat, bersih, dan layak pakai guna menjamin masyarakat hidup sehat dan sejahtera.


Berikut dalam album ini disediakan Logo resmi Hari Air Sedunia yang diluncurkan oleh UN WATER. Silahkan dishare dan disalahkan ikut mengampanyekan Hari Air Sedunia. Klik http://www.facebook.com/media/set/?set=a.255032167924640.59394.100002535763382&type=1

Regards
Jaringan Komunikasi ISMKMI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: