Rapimnas ISMKMI dan International Symposium

Gambar

Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia atau biasa disingkat ISMKMI kembali mengadakan agenda nasional yang bertuan rumah Universitas Andalas Padang. Rangkaian acara yang telah dilaksanakan mulai 24 Februari sampai 01 Maret 2012 ini terdiri dari Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan International Symposium on Disaster Management. Pada hari pertama acara di buka dengan ‘welcoming party’ yang dibuka secara resmi oleh Dekan FK Unand Dr. Masrul, SpGk dan dilanjutkan dengan perkenalan dari setiap institusi yang hadir.

Rapimnas ini mengundang ketua Bem atau Hima serta delegasi dari berbagai institusi kesehatan masyarakat yang ada di Indonesia mulai dari Universitas Indonesia Timur, Universitas Indonesia, sampai Universitas Muhammadiyah Aceh.  Acara Rapimnas ini terdiri dari beberapa siding pleno yang membahas mulai dari tata tertib, agenda acara, penyampaian LPJ tengah tahun dari berbagai direktorat, juga pemaparan progress report renstra ISMKMI yang disampaikan oleh Sekjend Nilna Rahmi Isna.

Di sela-sela Rapimnas yakni pada hari kedua dilaksanakan International Symposium on Disaster dan Workshop Siaga Bencana. Acara ini diselenggarakan untuk mengasah keahlian mahasiswa kesehatan masyarakat agar siap dan tanggap dalam penanggulangan bencana. Dimana seperti kita ketahui bahwa Indonesia adalah Negara kepulauan dan memiliki banyak gunung berapi sehingga rawan terhadap terjadinya bencana. Acara ini pun menghadirkan pembicara dari pihak WHO yakni Mr. Sharad Adhykari Prasad juga ketua yayasan Kogami dr. Ulya Uti Fasrini.

Setelah itu acara Rapimnas dilanjutkan kembali dengan membahas pembahasan SWOT ISMKMI, kajian persiapan Munas ISMKMI ke-XIII di Papua, amandemen PTO, pembahasan renstra untuk satu tahun ke depan, pemilihan tuan rumah untuk agenda nasional satu tahun ke depan, dan terakhir pergantian dan pelantikan pengurus nasional ISMKMI. Pada hari terakhir para peserta diajak berwisata menikmati Kota Bukit Tinggi dengan melihat pemandangan di lembah Anai, Jam Gadang, Kebun Binatang, dan Benteng Fort de Kock. Dengan adanya Rapimnas ini diharapkan kinerja ISMKMI semakin memiliki peran dalam peningkatan kesehatan di Indonesia dengan agenda dan program yang dicanangkannya.

One thought on “Rapimnas ISMKMI dan International Symposium

  1. […] menulis tentang cerita dan berita dalam rangkaian RAPIMNAS ISMKMI. Apa itu RAPIMNAS ISMKMI, klik disini. Dikisahkan dalam alur mundur […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: