Workshop TCN, Jember 23-26 September 2011

Jum’at-Senin 23-26 September 2011 diselenggarakan rangkaian kegiatan Workshop Tobacco Control dan pembentukan tim Tobacco Control Nasional ISMKMI. Kegiatan ini dihadiri oleh 18 institusi  kesehatan masyarakat se-Indonesia yakni UNAND, UI, UMJ, UHAMKA, UNSIL, UPN Veteran Jakarta, UNMUL, UIN Syahid, UNDIP, UNIKAL, UNIMUS, UMS, UAD, SSG, UNAIR, UNEJ, UNUD, STRADA Kediri, dan UNHAS. Tuan rumah kegiatan ini adalah Universitas Jember. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai langkah awal dalam merumuskan arahan dan gerakan bersama terkait pengendalian tembakau. Kegiatan diawali dengan Brainstorming, Konsolidasi awal dan Urgensi TCN oleh Koordinator Nasional Sementara TCN  (Tobacco Control Nasional) di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember.

Foto bersama delegasi Institusi Kesehatan masyarakat se Indonesia

Workshop TCN dibuka oleh Pembantu Rektor III Universitas Jember, Drs. Andang Subaharianto, M.Hum pada hari sabtu (24/09/2011) di Aula gedung Soetardjo Univesitas Jember dan workshop berlangsung selama 2 hari, 24-25 September 2011. Kegiatan yang dilaksanakan berupa pelatihan, diskusi aktif, dan pengesahan Pokja Tobacco Control Nasional (TCN) iSMKMI. Pengesahan TCN ini diharapkan akan mampu  mewujudkan persatuan dan kesatuan mahasiswa  yang untuk bergerak dalam TC (Tobacco Control) atau pengendalian tembakau.

Kegiatan dimulai dengan pemberian pelatihan oleh DR.Dr.Widyastuti Wibisana, MSC (PH) dengan sub tema Urgensi Tobacco Control di Indonesia. “Pengendalian tembakau di Indonesia sangat urgen karena tembakau selain berbahaya bagi kesehatan, juga sangat merugikan sosio-ekonomi dan mengancam kemiskinan berkelanjutan”, demikian ungkap Widyastuti.

Kegiatan dilanjutkan pada malam hari dengan agenda Pemilihan Koor.TCN. Dari hasil musyawarah forum, ditetapkanlah Dwi Permadi dari FKM Universitas Diponegoro angkatan 2009 sebagai koor.TCN, dengan anggota kepengurusan terdiri dari 13 orang yang berasal dari delegasi institusi anggota ISMKMI.

Koordinator TCN Nasional

Pada tanggal (25/09/2009) kegiatan dilanjutkan dengan workshop season IV dengan tema Sikap dan Gerakan FKM UNEJ (Universitas Jember) terhadap Pengendalian Tembakau oleh Irma Prasetyowati, S.KM.,M.Kes. Dilanjutkan dengan materi bertemakan Peran Mahasiswa dalam Gerakan Tobacco Control di Indonesia dengan pembicara Dr. Santi Martini, dr., M.Kes dan Sri Widiati S.Sos., M.Si, kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film oleh Hery Chairiansyah dari KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia). Film berisi tentang Rokok pada anak-anak dan remaja sebagai target konsumen jangka panjang kemudian dilanjutkan dengan Focus Group Discussion sebagai lanjutan materi dari Hery Chairiansyah dengan tema Membangun Strategi Gerakan Mahasiswa dalam Tobacco Control.

Pada sorenya dilanjutkan dengan pembentukan kepengurusan TCN dan perumusan Proker TCN di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Berdasarkan  hasil musyawarah diputuskan kepengurusan TCN terdiri atas Koor TCN, Sekben (sekretaris bendahara), direktorat advokasi, direktorat pengabdian masyarakat dan direktorat infokom, dengan program kerja yaitu advokasi kebijakan, isu-isu rokok, bahaya rokok, dan penyuluhan kepada siswa/i SMP dan SMA di Indonesia tentang KTR.

Tanggal (26/09/2011) acara dilanjutkan dengan terjun kelapangan dengan bersilaturahmi ke MARGATANI 1 di Pendopo desa Tanjungrejo, Kecamatan Wuluhan, Jember. Kegiatan ini merupakan tukar informasi antara anggota ISMKMI dengan masyarakat Desa setempat, dengan penyuluhan tentang Green Tobacco Sickness (GTS) dilanjutkan dengan melihat proses pengolahan tembakau. (Rinul, Pokja ISMKMI UAD-Zly, Jaringan Komunikasi ISMKMI)

Foto bersama petani tembakau, foto diambil sesaat setelah pelaksanaan penyuluhan mengenai PAK >> GTS

4 thoughts on “Workshop TCN, Jember 23-26 September 2011

  1. Fuad Baradja says:

    Bravo ISMKI …
    Lanjutkan perjuangan kami kami yang udah maghrib ini ..
    Salut juga dengan pemilihan Jember sebagai tempat workshop …
    kalau sdh berani di kandang macan , apalagi di kandang kambing tak’iya🙂

  2. ismkmi says:

    Iya pak, klarifikasi ISMKMI (Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia)
    Kalau ISMKI rekan kami sesama IOMS kesehatan pak ^^
    ISMKI (Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia)

    Terima kasih telah berkunjung ke blog ISMKMI, Pak Fuad.
    Terima kasih juga Romy telah memberikan Klarifikasi. ^^

    salam
    Direktorat Jaringan Komunikasi ISMKMI

  3. Said says:

    mmm, Nama ISMKMI belum bgitu populer dikalangan masyarakat.
    ISMKMI, tampakkan wujud mu.buktikan kemampuan mu. salam sehat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: