Nilna Rahmi Isna Sekjend ISMKMI Periode 2011-2013

Nilna Rahmi Isna, mahasiswa Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, terpilih sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjend) ISMKMI Periode 2011-2013.

Nilna Rahmi Isna, mahasiswa Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, terpilih sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjend) ISMKMI Periode 2011-2013.

Pemilihan ini merupakan hasil dari Musyawarah Nasional XII Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) yang berlangsung di Makassar 1-7 Maret 2011 lalu. Munas yang dilaksanakan di Gedung Athirah, Antang, Makassar ini menghadirkan perwakilan lembaga eksekutif mahasiswa untuk institusi pendidikan jejang S1 Kesehatan Masyarakat di seluruh Indonesia.

Saat ini, sudah bergabung 57 institusi kesehatan masyarakat sebagai anggota ISMKMI yang sekaligus merupakan wilayah koordinasi Sekjend sebagai pelaksana harian tertinggi dalam tubuh ISMKMI. Dari 57 institusi tersebut termasuk Universitas Sumatera Utara, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin, Universitas Mulawarman, hingga Universitas Cenderawasih.

Konsep  kepemimpinan di ISMKMI adalah koordinasi, sebagaimana halnya PBB, sehingga pemimpin tertingginya disebut Sekjend. Wilayah koordinasi ISMKMI terbagi pada 4 wilayah yaitu : Wilayah 1 untuk Sumatera dan kepulauannya; Wilayah 2 untuk DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Kalimantan; wilayah 3 untuk Jawa Tengah, Jogja, Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT; dan wilayah 4 untuk Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Setiap wilayah dipimpin oleh seorang Koordinator Wilayah (Korwil). Wilayah I dipimpin oleh Shara Jeanne dari Universitas Andalas, Wilayah II dipimpin oleh Winy Rizki dari Universitas Siliwangi, Wilayah III dipimpin oleh Muhammad Dzulfikar Arifi dari Universitas Airlangga, dan Wilayah 4 dipimpin oleh Firman Tompo dari Universitas Indonesia Timur.

Munas di Makassar yang dituanrumahi oleh Universitas Hasnuddin lalu merupakan Musyawarah Nasional ke-12 sepanjang perjalanan ISMKMI. Munas merupakan musyawarah anggota yang memegang kekuasaan tertinggi organisasi. Munas dilaksanakan setiap periode yaitu 2 tahun yang memiliki wewenang untuk memilih, mengangkat, dan memberhentikan Sekjend disamping menetapkan konstitusi organisasi, memberikan rekomendasi, dan mengesahkan serta memberhentikan anggota.

Pada munas yang dihadiri oleh 60 mahasiswa kesehatan masyarakat di seluruh Indonesia ini, juga dipilih Dewan Pengawas Nasional yaitu Mardiana dari Universitas Sriwijaya, Nasrudin dari Universitas UIN Syahid Hidayatullah, Lafi Munira dari Universitas Ahmad Dahlan, dan Fadly Kaimuddin dari Universitas Hasanuddin.Selain itu juga ditetapkan tempat pelaksanaan Munas selanjutnya yaitu Stikes Papua di Sorong, Papua Barat pada tahun 2013 mendatang.

Dalam periode 2 tahun mendatang, Sekjend ISMKMI bertugas untuk merangkul semua lembaga mahasiswa Kesehatan Masyarakat di Indonesia untuk bergerak memperjuangkan hak-hak rakyat yang berpihak pada kesehatan masyarakat. Pergerakan ISMKMI lebih diarahkan kepada Advokasi dalam mengawal kebijakan pemerintah dan pengabdian masyarakat untuk menyentuh sisi kehidupan masyarakat.

ISMKMI sebagai organisasi mahasiswa profesi kesehatan masyarakat bercita-cita untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara yang lebih mementingkan Preventif (pencegahan) daripada Kuratif (pengobatan). Hal ini dimulai dulu dengan merubah paradigma masyarakat dari paradigma sakit menjadi paradigma sehat, bahwa untuk menjadi sehat tidak perlu sakit terlebih dahulu.

Nilna R. Isna, mengakui posisi sebagai sekjend adalah amanah diantara anugrah dan musibah. “Akan menjadi anugrah apabila kita mampu mengembannya dengan baik dan bijak namun akan menjadi musibah bila kita lalai dan terlena pada posisi itu,” ujar Nilna.

Hal ini menjadi pelecut tekad bagi Nilna untuk terus memajukan kesehatan masyarakat. “Mahasiswa adalah ujung tombak dari perubahan. Maka dari itu, kami Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia akan memperjuangkan hak-hak rakyat terkait kesehatan dan mendukung penuh setiap program pemerintahan yang berpihak kepada paradigma sehat,” ujar Nilna kemudian.

Pergerakan ISMKMI akan dilanjutkan setelah rakernas di Jakarta pada bulan Mei mendatang untuk perumusan program kerja dan pembentukan pengurus. Sementara dalam dua bulan ini dilakukan konsolidasi kegiatan via NetMeeting.

Seminggu pasca munas XII Makassar setidaknya ISMKMI telah melakukan aksi penanggulangan bencana untuk Banjir di Tangse Pidie, pengiriman delegasi ke Lithuania untuk penelitian, dan aksi damai mendesak ratifikasi pengendalian tembakau di Indonesia yang dilaksanakan di Jakarta. Sementara juga telah dirumuskan agenda untuk Hari Kesehatan Sedunia setiap 7 April dengan mengadakan gerakan bersama daerah bertemakan “Kesehatan Lingkungan Indonesia untuk Pencegahan Resistensi dan Penyebaran antimikroba”.

Terpilihnya Nilna sebagai Sekjend ISMKMI periode 2011-2013 merupakan prestasi bagi Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas, dan Sumatera Barat tentunya. Prof. Dr. dr. Nur Indrawati Lipoeto selaku KaProdi dan Dr. dr. Masrul, M.Sc, Sp.GK sebagai Dekan Fakultas Kedokteran sangat menyambut baik prestasi ini.

Beliau berpesan agar keberadaan Sekjend di Universitas Andalas mampu mewujudkan inovasi-inovasi sehingga dapat dikenang oleh sejarah ke depan. Prestasi ini juga mendapat sambutan dan dukungan penuh dari Ikatan Ahli kesehatan Masyarakat Indonesia yang diwakili oleh Nizwardi Azkha, SKM, MPPM, MPd, MSc dan Ikatan Keluarga Enam Lingkung yang diwakili langsung oleh Bapak Wakil Gubernur Sumbar, Muslim Kasim, AK.MM

(sumber : http://padang-today.com/?mod=berita&today=detil&id=26359)

Tagged

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: