Sekilas tentang HPEQ (Health Professional Education Quality)

Sejak tahun 2010 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) telah menggulirkan program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan profesional kesehatan yang dikenal dengan nama Health Professional Education Quality Project (HPEQ). Program ini dilakukan dalam rangka implementasi amanat UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasioanal (Sisdiknas) dan UU No.29/2004 tentang praktek kedokteran.

Proyek HPEQ diharapkan akan berkontribusi pada pencapaian peningkatan kualitas layanan kesehatan melalui peningkatan kualitas institusi penyedia jasa tenaga kesehatan: dokter, dokter gigi, perawat, dan bidan. Tujuan tersebut akan dicapai melalui penguatan sistem kebijakan dan kapasitas institusi, akreditasi program studi, dan sistem uji kompetensi serta sertifikasi lulusan yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pendidikan profesi kesehatan. Program HPEQ ini dibiayai dengan dana pinjaman melalui Bank Dunia.

Program HPEQ ini dikhususkan untuk : Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan dan Kebidanan

Pada awal tahun 2010 Center for Indonesian Medical Students’ Activities (CIMSA), mengajukan advokasi ke Dikti dan meminta agar dibuat student summit (SEARAME) khusus mahasiswa kedokteran, namun berdasar atas permintaan Dikti, perlu adanya kolaborasi antar mahasiswa kesehatan, maka student summit ini pada akhirnya melibatkan mahasiswa dr profesi kedokteran gigi, keperawatan, kebidanan, dan ditambah 3 profesi lainnya yakni gizi, kesehatan masyarakat, dan farmasi.. goal yang diharapkan dari kolaborasi ini antara lain:

  1. Adanya kolaborasi antar profesi kesehatan yang dibangun sejak zaman mahasiswa,, sehingga harapannya tidak ada lagi sekat-sekat antar profesi.
  2. Menyalurkan hingga melibatkan mahasiswa kesehatan agar mempunyai bargaining position kpd para stakeholder yang mengurus masalah pendidikan keprofesian masing2.

telah dilakukan beberapa kali pertemuan di Jakarta, yang dihadiri oleh CIMSA, ISMKI, ILMIKI, PSMKGI, IMABI, ISMKMI, ILMAGI, ISMAFARSI, yang membahas tentang pendidikan kesehatan di Indonesia, dari beberapa kali pertemuan tersebut pada 19 November 2010 diadakan Indonesian Health Professional Student Summit di Aula FK UI, Jakarta, yang menghasilkan deklarasi sbb:

DEKLARASI MAHASISWA ILMU KESEHATAN INDONESIA
TENTANG PERAN MAHASISWA ILMU KESEHATAN DALAM PENDIDIKAN ILMU KESEHATAN

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dalam proses ini, masyarakat berhak berperan serta dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Mahasiswa sebagai peserta didik, yaitu anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran, juga memiliki hak yang sama.

Kami, mahasiswa ilmu kesehatan Indonesia, meyakini bahwa kesuksesan sebuah sistem pendidikan dipengaruhi oleh kerja sama yang baik antara mahasiswa dengan pendidik. Di samping peran utamanya sebagai peserta didik dari sistem pendidikan, mahasiswa perlu berperan aktif dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Pemberdayaan mahasiswa dengan melibatkan mahasiswa dalam pengambilan keputusan meningkatkan kualitas pendidikan dan membangun rasa tanggung jawab di dalam diri mahasiswa terhadap pendidikan mereka sendiri.

Kami, mahasiswa ilmu kesehatan Indonesia, menekankan pentingnya pendekatan multidisiplin dalam advokasi mahasiswa ilmu kesehatan Indonesia dalam bidang pendidikan ilmu kesehatan. Kolaborasi antar disiplin ilmu kesehatan yang berkesinambungan dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, harus selalu menjadi perhatian utama.

Dengan ini, kami, mahasiswa ilmu kesehatan Indonesia, menghimbau setiap pihak yang menaruh perhatian dalam pendidikan ilmu kesehatan di Indonesia untuk senantiasa dengan bijaksana mendukung peran mahasiswa ilmu kesehatan dalam pengembangan pendidikan ilmu kesehatan dengan tindakan-tindakan yang progresif di tatanan lokal, nasional dan internasional, serta menjamin pengakuan dan penghormatannnya yang universal dan efektif.

PESERTA
Perserta yang menjadi representatif organisasi mahasiswa  CIMSA, ISMKI, ILMIKI, PSMKGI, IMABI, ISMAFARSI, ISMKMI dan ILMAGI yang mengikuti konferensi ini dan berkontribusi dalam deklarasi final ini ada dalam daftar pada lampiran dan disusun menurut alphabet.

REFERENSI
1. Undang Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor   19   Tahun  2005 tentang Standard Pendidikan Nasional.
3. IFMSA/EMSA (2010) The Bologna Process in Medical Education beyond 2010.
4. Deklarasi Universal Hak-hak Asasi Manusia, Majelis Umum PBB, 1948.
5. Watson, S. L., & Reigeluth, C. M. (2008). Community members’ perception on social, cultural changes and its implication for educational transformation in a small school district community. Journal of Organisational Transformation and Social Changes, 5(1), 45-65.
6. Wilson, L. (2008). Great American schools: The power of culture and passion. Education Digest, 73(6), 13-18. Greiner, A.C., & Knebel, E. (2003). Health Professions Education: A Bridge to Quality. Institute of Medicine.

Tagged

3 thoughts on “Sekilas tentang HPEQ (Health Professional Education Quality)

  1. ismkmi says:

    Program HPEQ ini dikhususkan untuk : Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan dan Kebidanan

    Pada awal tahun 2010 Center for Indonesian Medical Students’ Activities (CIMSA), mengajukan advokasi ke Dikti dan meminta agar dibuat student summit (SEARAME) khusus mahasiswa kedokteran, namun berdasar atas permintaan Dikti, perlu adanya kolaborasi antar mahasiswa kesehatan, maka student summit ini pada akhirnya melibatkan mahasiswa dr profesi kedokteran gigi, keperawatan, kebidanan, dan ditambah 3 profesi lainnya yakni gizi, kesehatan masyarakat, dan farmasi

    Jadi HPEQ = Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan dan Kebidanan

    HPEQ+ = Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Kebidanan, gizi, kesehatan masyarakat, dan farmasi

  2. […] Knebel, E. (2003). Health Professions Education: A Bridge to Quality. Institute of Medicine. Posted by ismkmi Di […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: