Aksi Selamatkan Lingkungan, Untuk Kesehatan Dunia

Bumi, lingkungan yang perlu kita jaga, untuk kesehatan dunia

Bumi, lingkungan yang perlu kita jaga, untuk kesehatan dunia

Peringatan Hari Kesehatan Se-Dunia

Dalam rangka Hari Kesehatan se-Dunia yang jatuh pada 7 April, senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat se-Indonesia secara serentak menggelar gerakan bersama. Berbeda dengan isu WHO yang mengangkat isu Urbanisasi dan Kesehatan, senat mahasiswa yang terjaring dalam Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) mengangkat isu lingkungan. Isu ini diangkat atas dasar masih banyaknya penyakit, wabah, dan bencana yang timbul akibat lingkungan yang buruk. Sehingga tidak dipungkiri jika 40 % status kesehatan penduduk dipengarruhi oleh lingkungan.

Gerakan bersama yang dilakukan berupa aksi simpatik di masing-masing daerah dan institusi Kesehatan Masyarakat untuk meminta tanda tangan 2010 orang civitas akademika dan masyarakat sekitar di 4 lembar kain putih ukuran 7×1 meter.  Tanda tangan tersebut sebagai bentuk dukungan atas pernyataan sikap ISMKMI yang akan dibentuk dalam pers release.

Di wilayah Sumatera, aksi simpatik untuk peringatan Hari Kesehatan seDunia dilaksanakan dengan menggelar kain putih untuk ditulisi pemikiran kritis dan solusi dalam menghadapi masalah kesehatan yang merebak saat ini, terutama lingkungan. Selain itu, juga disebarkan pamflet dengan tagline Jaga Bumi, Jaga Lingkungan, Selamatkan dari Bencana. Menurut Koordinator Wilayah 1 (Sumatera) ISMKMI, Nilna Rahmi Isna dari Universitas Andalas, salah satu penyebab terjadinya bencana di Indonesia  adalah karena manusianya yang kurang menjaga lingkungan. Sementara itu, wilayah Sumatera juga menggalang dana untuk rentetan bencana longsor dan galodo di Sumatera Barat.

Di wilayah Jawa bagian timur hingga NTT, Hari Kesehatan seDunia dengan menggelar kampanye “bike to work” atau kampanye bersepeda, membagi bibit tanaman, aksi bagi stiker, dan advokasi kampus bebas rokok. “Intinya, kami mengangkat isu lingkungan,” sebut Arifi, mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, Koordinator Wilayah 3 ISMKMI.

Di Banda Aceh, mengikuti isu aksi wilayah Sumatera, Universitas Muhammadiyah Aceh bergabung dengan STIKES Yayasan Harapan Bangsa Banda Aceh mengangkat isu kesehatan di Aceh dengan orasi, konfoi, dan penggalangan curhat masyarakat ke atas kain putih. “Aksi ini dilaksanakan dari bundaran sampai Lima menuju Pasar Tradisional Aceh,” demikian informasi dari Yulizar Kasma, Koordinator Daerah Aceh untuk ISMKMI.

Di Provinsi Bali, Denpasar, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Udayana mengampanyekan “Kota Sehat , Warga Sehat” dengan menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kawasan tanpa rokok, melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit/hari, menghemat penggunaan air bersih, dan menanam pohon untuk membersihkan udara.

Di Palembang, melalui Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya digelar mimbar bebas “Pemikiran kritis dan solusi untuk permasalahan kesehatan regional, nasional, dan internasional” di lapangan FKM UNSRI. Dilanjutkan dengan Fundrising untuk Sumbar. Disertai dengan promosi kesehatan “Jaga Bumi dan Lingkungan; Selamatkan dari Bencana” melalui selebaran yang disebarkan ke mahasiswa.

Di kota Medan, STIKES Mutiara Indonesia menggelar kain putih untuk ditulisi pandangan mahasiswa terhadap kesehatan, terutama kesehatan lingkungan. Disamping penggalangan dana, seperti Unsri, untuk rentetan bencana alam di Sumatera Barat.

Sementara Universitas Andalas, pada hari ini menggelar aksi simpatik di kampus berupa pengumpulan tanda tangan mahasiswa dan masyarakat. Aksi ini menuangkan pemikiran kritis dan solusi mahasiswa terhadap permasalahan kesehatan, terutama lingkungan. Kalimat “Stop Smoking, Stop Ilegal Loging, dan Stop Global Warming” adalah kalimat yang paling ramai ditorehkan. Aksi ini akan dilakukan selama 4 hari hingga puncaknya 10 April 2010 bersama-sama dengan Universitas Baiturrahmah dan STIKES For De Kock turun ke tengah-tengah masyarakat untuk pengumpulan tanda tangan, kampanye lingkungan, dan fundrising.

Tagged ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: